MENGENAL JENIS-JENIS TRUCK

Diposting pada tanggal 13 December 2018
MENGENAL JENIS-JENIS TRUCK

Jasa Pengiriman Barang akan mengunakan berbagai jenis truk untuk mengangkut barang-barang dalam skala besar atau berat. Untuk mengetahui kapasitas kendaraan barang akan sangat membantu kita pada saat pengiriman material dengan menggunakan kendaraan transportasi tersebut. Memilih jenis  kendaraan barang yang pas dengan kebutuhan tentu saja sangat penting, seperti untuk mengirimkan barang yang mudah pecah akan berbeda pula jenis kendaraannya dengan kendaraan yang dipakai untuk mengirimkan besi atau baja.

Demikian pula kapasitas bak kendaraan menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika kita akan menggunakan kendaraan untuk mengangkut barang, misalnya untuk Jasa pengiriman barang yang sedikit tidak perlu menggunakan kendaraan yang berukuran besar, selain  itu jalan yang akan dilalui yaitu dari segi jarak dan ukuran jalan menjadi faktor yang harus di pertimbangkan. Untuk membantu pengguna kendaraan barang dalam memilih jenis kendaraan yang hendak dipergunakan dibawah ini dimuat informasi mengenai ukuran kendaraan barang pada umumnya ada di Indonesia.  

Informasi ini adalah hasil survey dari beberapa kendaran yang sedang melakukan uji kelayakan kendaraan (KIR) di salah satu kantor DEPHUB. Adapun kenyataannya dilapangan ukuran bak kendaraan sangat banyak modelnya karena setiap perusahaan pembuat kendaraan akan membuat bak kendaraan yang berbeda-beda modelnya tergantung dari pesanan, tetapi meskipun demikian ukuran bak tetap harus mempertimbangkan rincian kendaraan sebagaimana disebutkan dalam SK Dirjen perhubungan darat tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Barang Umum Di Jalan. Berikut ini adalah spesifikasi truk yang harus diketahui oleh konsumen pemakai jasa pengiriman barang:

  1. Kendaraan Pick Up adalah dengan ukuran kecil,  banyak dipergunakan karena bisa masuk ke  dalam gang-gang atau jalan sempit, truk jenis ini biasa juga dipanggil dengan merk dagangnya seperti Suzuki  carry, Daihatsu Grandmax, dan Mobil Colt (Mitsubishi Colt) Ukuran bak : Panjang : 2 – 3 meter, Lebar: 1 – 1,8 meter ,Tinggi : 1 – 1,8 meter,
    Kapasitas muatan: 1 – 2 ton, Kisaran volume: 7 kubik.
  2. Truk Colt Diesel adalah mobil ukuran terkecil di kelas otomotif pengangkut barang, banyak diantaranya yang ditambahkan ban belakang sehingga menjadi enam roda, dengan tambahan ban belakang kapasitasnya naik sekitar satu ton.
    Ukuran bak: Panjang : 3-4 meter, Lebar:1 – 2 meter, Tinggi : 1,5 – 2 meter, Kapasitas muatan: 2 – 3,5 ton, Kisaran volume: 14 kubik
  3. Truk Fuso Engkel adalah truk ukuran sedang
    Ukuran bak: Panjang; 6-7 meter, lebar: 2,3 – 2,5 meter , tinggi : 2 – 2,5 meter.
    Kapasitas muatan 7-15 ton, Kisaran volume: 29 kubik
  4. Truk tronton adalah truk dengan ukuran lebih besar dan memiliki 3 sumbu satu didepan dan tandem di belakang, truk jenis ini banyak yang dimodifikasi disesuaikan dengan kebutuhannya seperti menjadi truk tangki, truk sampah, truk dump yaitu truk dengan fasilitas hydrolik yang dapat menjatuhkan muatan dengan gerak hydrolik.
    Ukuran bak: 7-9 meter, lebar: 2,2 – 2,5 meter ,tinggi : 2,3 -2,5  meter,
    Kapasitas muatan 25 -30 ton
  5. Truk Wing box tronton
    Ukuran bagian dalam box: Panjang: 8,85 meter, lebar: 2,4 meter, tinggi: 2,1 meter.
    Kapasitas muatan 32 – 36 Ton, Kisaran volume: 34 kubik
  6. Truk container 20 feet
    Ukuran bagian dalam: Panjang 5,9 – 6,2 meter, Lebar 2,3 – 2,6 meter, tinggi; 2,5 – 2,7 meter
    Kapasitas muat: 20 Ton, Kisaran volume: 33kubik
  7. Truk container 40 feet
    Ukuran bagian dalam: Panjang 12 – 12,3 meter, Lebar 2,3 – 2,6 meter, tinggi; 2,5 – 2,7 meter
    Kapasitas muat: 27 Ton, Kisaran volume: 66 kubik

 

Versi cetak

Related Keywords

ekspedisi sidoarjo, ekspedisi surabaya, jenis-jenis truk, jasa pengiriman barang

Artikel Terkait